Sabtu, 28 September 2013

Digital Imaging



DIGITAL IMAGING

Kenapa digital ?
Karena untuk mempercepat pemrosesan data agar lebih mudah diolah sehingga dapat mengurangi tenaga manusia. Proses digital memudahkan seseorang dalam mengolah data yang sebelumnya sulit untuk diolah menjadi keluaran yang berguna (informatif) contohnya di dunia radiodiagnostik. Pemanfaatan digital imaging pada radiodiagnostik sangat bermanfaat, selain mempercepat proses kelolaan data, juga lebih efektif dan efisien.
Contohnya : Pesawat Rontgen Konvensional seiring perkembangan jaman mengalami beberapa perubahan. Mulai dari pesawat rontgen konvensional menjadi CR dan sampai saat ini menjadi DR
Kenapa kita perlu CR ?
Jika dilihat dari segi penyimpanan film, lebih efektif karena tidak memerlukan ruang penyimpanan yang memakan tempat. Cukup menggunakan floppy disc di dalam CR tersebut. Kemudian lebih efisien karena mempersingkat waktu pemrosesan film. Sebelumnya di konvensional pencucian film dilakukan dengan cara manual atau automatic prosesing, dengan CR dapat diproses dengan cara mengubah cahaya menjadi sinyal listrik kemudian menjadi data digital. Penyimpanan juga terjamin, tidak mengakibatkan artefak pada film, karena data tersimpan di harddisk computer CR.
Kenapa kita perlu DR ?
Kurang lebih hampir sama dengan CR, hanya saja DR menggunakan sistem server. Penyimpanannya menggunakan satu server besar yang dinamakan PACS. Selanjutnya PACS ini terhubung dengan sub server lain misalnya data dapat dikirim ke radiologi, cardiologi, surgery, reseptionis, inventory, accounting, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar